Wednesday, December 5, 2012


PROFIL KELURAHAN PILIANG

Piliang merupakan salah satu kelurahan yang terletak di kecamatan Payakumbuh Barat. Kelurahan piliang mempunyai luas wilayah 0,37 Km2 dan secara geografis memiliki keadaan topografi berupa dataran dan posisi kelurahan piliang juga cukup strategis karena dekat dengan pusat kota Payakumbuh dan juga pasar. Oleh karena itu, kelurahan piliang termasuk dalam kelurahan yang memiliki status daerah sebagai wilayah kota. Sementara itu, jarak kelurahan piliang dengan Ibu kecamatan juga tidak terlalu jauh yaitu 3,20 Km.

            Berdasarkan data BPS tahun 2010, Kelurahan Piliang memiliki jumlah penduduk 924 Jiwa yang terdiri dari laki-laki 456 jiwa dan perempuan 468 jiwa, dengan tingkat kepadatan penduduk sebesar 2.497. Jumlah ini meningkat dari data penduduk yang dikeluarkan BPS tahun 2009 yaitu 882 jiwa. Data paling update mengenai kependudukan di kelurahan piliang bisa dilihat dari hasil pemutakhiran data yang dilakukan dalam bulan Juni kemarin, dimana diperoleh data jumlah penduduk di kelurahan piliang yaitu 1052 jiwa yang terdiri dari 537 jiwa penduduk laki-laki dan 515 jiwa penduduk perempuan.

            Kelurahan Piliang dalam bidang pemerintahan memiliki wilayah kewenangan (yurisdiksi) yang terdiri dari 5 RT dan 2 RW. Untuk menggerakkan roda pemerintahan di kelurahan saat ini kelurahan Piliang memiliki personel sebanyak 4 orang yang terdiri dari Lurah, Sekretaris Lurah, Kasie. Pemerintahan, dan satu orang staf. Kelurahan memiliki beberapa mitra kerja yang membantu kelurahan dalam menyelenggarakan pekerjaan pemerintahan di berbagai bidang diantaranya Ketua RT dan RW, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), PKK, Posyandu, Pokja Kelurahan Sehat, Kelompok Tani, Gapoktan, KWT, dll. Kehadiran mitra kerja ini tidak hanya membantu kelurahan menyelesaikan berbagai urusan pemerintahan dan sosial kemasyarakatan, akan tetapi juga sebagai wadah menampung aspirasi dan partisipasi warga.

            Masyarakat piliang memiliki keadaan sosial ekonomi yang cukup beragam. Ada kelompok masyarakat yang tergolong kelompok menengah ke atas (kaya), ada kelompok menengah, dan ada juga kelompok masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah (miskin). Masyarakat piliang sebagian besar mempunyai pekerjaan sebagai pedagang. Selain berdagang, mata pencaharian masyarakat piliang adalah bertani, PNS, Polri, dll. Konsekuensi logis dari banyaknya warga piliang yang memiliki pekerjaan sebagai pedagang adalah banyaknya jenis usaha perdagangan dan industri yang ada di kelurahan piliang seperti usaha perbengkelan, produksi roti/kue, home industries, warung nasi dan makanan, salon, dan usaha lainnya. Kondisi sosial ekonomi piliang semakin dinamis dengan hadirnya dua komplek perumahan yaitu Sehati Bagaya dan Griya Piliang Asri.

            Dari data dan kondisi kelurahan piliang baik secara geografis, kependudukan, pemerintahan, dan sosial ekonomi, dapat dilihat bahwa kelurahan piliang ini memiliki keunggulan di bidang perdagangan, industri kecil, dan jasa. Selain mayoritas masyarakat piliang adalah pedagang, di kelurahan piliang juga banyak terdapat jenis usaha dan industri. Data Dinas Perindag dan Naker Kota Payakumbuh tahun 2007 menyebutkan usaha atau industri yang ada di kelurahan piliang terdiri dari:

No
Jenis Usaha
Jumlah
1
Bengkel
4
2
Warung Makanan
22
3
Industri Rumah Tangga
7
4
Salon
2
5
Peternakan
1


Menyikapi segala potensi di atas, maka pemerintahan kelurahan piliang telah melakukan serangkaian aksi diantaranya memberikan pelayanan perangkat perizinan usaha kepada masyarakat seperti Surat Keterangan Usaha, sehingga masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan kredit dari lembaga keuangan bank maupun non-bank. Pemerintahan kelurahan juga menyalurkan dana bantuan usaha kepada masyarakat baik dana yang berasal dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun pemerintah kota seperti dana kelompok tani, KWT, dll. Di bidang selain perdagangan, pemerintahan kelurahan tetap memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat seperti urusan kependudukan, sosial, dan kesehatan.

No comments:

Post a Comment